Monday, December 5, 2011

Buah Ajaib (Miracle Fruit)

Buah Ajaib atau Miracle fruit (Sideroxylon dulcificum/Synsepalum dulcificum),  berasal dari Afrika Barat dan sudah cukup terkenal di luar negeri sebagai buah yang eksotik dan cukup mahal harga pohon dan buahnya. Keistimewaan buah ajaib ini adalah apabila kita memakan buah masak yang sebesar melinjo ini, maka selama kurang lebih setengah jam, indra perasa di mulut kita akan dibalut oleh hormon khusus yang ajaib. Hormon ini akan membuat rasa asam/kecut dan pahit menjadi manis. Sensasional kan?

Jadi, misal anda selesai memakan buah ajaib kecil berwarna merah tua ini, jeruk yang asem atau kecut akan berubah menjadi jeruk yang manis dan segar!

Miracle Fruit adalah sejenis tumbuhan berkayu keras, tetapi pertumbuhannya cenderung agak lambat. Sehingga, si buah ajaib ini cocok dijadikan tanaman buah dalam pot (tambulapot), karena ia tidak menjadi besar dan tinggi. Ia mulai berbuah ketika berumur 2-3 tahun sejak semai biji dengan ketinggian sekitar 1-1,5 meter.

miracle-fruit1
2 buah ajaib segar yang siap di santap

Tanaman ini menyukai sinar matahari dan media tanam yang agak porus (sangat cocok dengan media tanam siap pakai yang dijual di toko-toko pupuk). Si buah ajaib muncul dari batang dan ranting, sehingga apabila sudah masak, ia tampak cantik bergerombol dan berwarna merah terang menyala.

Dalam satu tahun, pohon ini dapat berbuah dua kali. semakin anda memberi pupuk dengan kadar P dan K yang tinggi, tanaman ini akan semakin produktif untuk mengeluarkan buah-buah ajaibnya.

Singkat kata, untuk anda pehobi tanaman buah atau hias, tanaman buah ajaib ini sangat layak anda koleksi! Kami menyediakan untuk anda. Lihat  Daftar Harga Miracle Fruit  dan stok masih sangat terbatas sekali.

No comments:

Post a Comment